Optimalisasi Peran IHGMA Bali Dalam Pembangunan Pariwisata

oleh -
DPD Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Bali belum lama ini menggelar BALI 4th Annual Gathering And Inaugration of IHGMA Ganyar Sub-Chapter. Foto: Ist

JALAJAHNUSAE.com – Bali sebagai destinasi pariwisata dunia saat ini semakin serius berbenah menuju pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan. Peningkatan berbagai aspek tangible berupa piranti keras mulai dari kualitas produk sampai infrastruktur terus dilakukan.

Begitu juga dari aspek intangible berupa pemuktahiran piranti lunak termasuk namun tidak terbatas pada penyelarasan peraturan daerah sejalan dengan semangat omnibus law sedang difinalisasi untuk membakukan tata kelola penyelenggaraan kepariwisataan Bali.

Keterbukaan pemerintah provinsi dalam menerima berbagai masukan dari pemangku kepentingan (stakeholder) menunjukkan bahwa pemerintah sangat serius meningkatkan kuantitas pariwisata berkelanjutan dengan memberikan produk berkualitas yang sejalan dengan program pemerintah Provinsi Bali “ Nangun Sat Kerthi Loka Bali “ yang mempertimbangkan daya dukung pulau Bali.

Produk berkualitas juga diimbangi dengan pemberian pelayanan berstandar internasional yang dipadukan dengan keramahan talenta lokal.

Bali yang mengembangkan pariwisata berbasis budaya menyadari pentingnya menjaga kelangsungan budaya Bali yang dilakukan secara tulus oleh orang yang peduli terhadap Bali apabila ingin pariwisata ini berkelanjutan.

foro: ist

Disadari pula bahwa keberadaan pariwisata harus dapat dirasakan kemanfaatannya oleh masyarakat setempat dan dapat meningkatkan derajat hidup masyarakat Bali.

Pariwisata berkualitas juga termasuk namun tidak terbatas pada bertambahnya masa lama tinggal para turis, meningkatnya komsumsi dan pengeluaran turis, termasuk pula turis yang datang berulang-ulang, serta turis yang menghargai budaya dan talenta lokal serta mendukung pelestarian lingkungan.

Seluruh stakeholder kepariwisataan di Bali bekerja keras meningkatkan kualitas destinasi sesuai bidangnya, baik pemerintah, pelaku bisnis, akademisi, swasta dan masyarakatnya, tak terkecuali peran asosiasi profesi para General Manager hotel yaitu Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Bali Chapter.

DPD IHGMA Bali sebagai embrio pembentukan DPP IHGMA yang diresmikan pada 20 April 2016 di Sanur-Bali, memiliki idealisme dan soliditas yang tinggi dalam peningkatan kualitas talent & culture (sumber daya manusia) pimpinan hotel-hotel yang ada di Bali menjadi world-class hotelier dan untuk mendukung peningkatan kualitas destinasi.

Baca Berikutnya..

Peningkatan Talent dan Culture Menuju Go Global

(adh)